Sabtu, 07 Februari 2015

Cerita Jodha Akbar Dari India

Semakin lama cerita Jodha Akbar semakin menarik perhatian hati para penggemarnya. Film serial yang sudah ditayangkan di negeri asalnya di channel Zee TV sejak tanggal 18 Juni 2013 ini memang sangat sukses, bahkan kesuksesannya terus bersaing dengang serial India lain yang dibintangi oleh Shaheer Sheikh dan kawan-kawan, Mahabharata.

Cerita Jodha Akbar berkisah tentang kehidupan Raja India yang bernama Jallaludin Mohammad (Akbar yang kemudian dipanggil dengan Jalal) yang diceritakan beragama Islam yang bertahta di Kerajaan Mughal yang memiliki sifat keras kepala dan angkuh.
Raja Jallaludin Mohammad (Akbar) yang diperankan oleh Rajat Tokas mulai naik tahta menjadi raja pada usia 13 tahun setelah ayahnya Raja Humayan meninggal dunia. Setelah ayahnya meninggal dunia, Akbar kemudian diasuh oleh Bairam Khan, panglima tertinggi di Kerajaan Mughal.

Karena dididik oleh seorang Panglima Perang, Akbar yang kemudian sering dipanggil dengan nama Jalal kemudian secara tidak langsung memiliki ambisi untuk menaklukkan semua kerajaan yang ada di India, sampai akhirnya tiba saatnya Jalal menaklukkan Raja Bharmal, salah satu Raja yang beragama Hindu paling berpengaruh sepanjang sejarah kerajaan Rajput. Raja Bharmal adalah seorang raja yang menghargai sekitarnya, tak hanya manusia tetapi juga alam dan juga segala isinya.

Setelah Jalal berhasil menundukkan Raja Bharmal, Akbar kemudian menikahi putri Raja Bharmal yang bernama Jodha yang diperankan oleh Paridhi Sarma. Pernikahan Jodha dan Akbar pun dilangsungkan dengan meriah. Tak lama Jalal pun kemudian membawa putri Jodha ke kerajaannya.
Dalam perjalanan waktu ternyata terungkap bahwa niat Jalal untuk menikahi Jodha adalah bukan berdasarkan karena cinta, tetapi lebih karena ingin membalas dendam dan ingin menjatuhkan harga diri Jodha yang di mata Jalal terlihat angkuh dan sombong dan tidak menghargai dirinya sebagai seorang Raja penguasa India.
Tetapi kemudian dari kebencian yang timbul tersebut benih-benih cinta pun akhirnya muncul di hati Jalal, karena Jodha ternyata adalah seorang putri yang sabar dan penyayang yang tanpa disadari oleh Jalal telah menaklukkan hatinya tidak dengan kekerasan dan kesombongan hatinya seperti seorang putri raja besar, tetapi telah berhasil menaklukkan hati seorang raja besar dari India dengan kelembutan dan kesabarannya.

Cerita Jodha Akbar yang masih tayang di India ini diangkat dari cerita nyata yang kemudian ditambahkan beberapa cerita menarik di dalamnya oleh sang sutradara, yang kemudian cerita versi sang sutradara ini mendapatkan reaksi beragam dari masyarakat India.
Namun terlepas dari kontroversi cerita yang diangkat oleh sang sutradara yang berasal dari cerita nyata, ternyata masyarakat India menyenangi serial Jodha Akbar ini, dan sepertinya itu pulalah yang sedang terjadi di Indonesia saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar