Selasa, 21 April 2015


Nama taksonomi: Cabomba caroliniana Gray
Sinonim:
Nama-nama umum: cabomba (Portugis Brazil), Carolina fanwort, Carolina air perisai, fanwort, ikan-rumput, Washington-rumput, Washington-tanaman
Jenis organisme: tanaman air
Cabomba caroliniana adalah tanaman akuarium abadi tenggelam yang tumbuh di stagnan untuk memperlambat mengalir air tawar. Menyebar terutama oleh fragmen batang dan membentuk berdiri padat yang mendesak keluar tanaman mapan. C. caroliniana dapat menyumbat ekologis, rekreasional dan ekonomi penting badan air dan saluran drainase. Tergantung pada lokasi (yaitu: penyediaan air minum atau badan air tertutup kecil) mungkin dikelola oleh sejumlah teknik kontrol termasuk penghapusan mekanik (berhati-hati untuk tidak menyebarkan fragmen ke lokasi baru) dan modifikasi habitat untuk meningkatkan shading (melalui penanaman pohon ) atau mengurangi hidrasi (melalui pengeringan).
Deskripsi
C. caroliniana sepenuhnya terendam kecuali daun mengambang sesekali dan bunga muncul (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Akar tumbuh di bagian bawah badan air dan batang dapat mencapai permukaan. Bagian tanaman dapat bertahan hidup bebas mengambang selama enam sampai delapan minggu. Ini adalah abadi, tumbuh dari rimpang pendek dengan akar berserat. Bercabang batang dapat tumbuh sampai 10m panjang dan tersebar dengan rambut putih atau coklat kemerahan. Daun bawah air dibagi menjadi cabang halus, sehingga penampilan seperti kipas berbulu. Daun ini sekitar 5cm menemukan dan mengeluarkan lendir yang gelatin yang meliputi bagian terendam tanaman. Daun mengambang, bagaimanapun, adalah kecil, berlian berbentuk, seluruh, dan ditanggung di cabang-cabang berbunga. Bunga-bunga soliter kurang dari 2cm menemukan dan berbagai warna dari putih menjadi kuning pucat dan mungkin juga termasuk merah muda atau semburat keunguan. Bunga-bunga muncul pada batang dari ujung batang (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan, 2003).
Spesies yang sama
Ceratophyllum spp., Myriophyllum spp, Cabomba furcata.
Lebih
Terjadi pada:
danau, aliran air
Deskripsi habitat
Cabomba sensitif terhadap kekeringan dan membutuhkan air dangkal permanen, biasanya kurang dari 3 meter (tapi hingga 10 meter) yang mendalam (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Ini tumbuh berakar dalam lumpur stagnan untuk memperlambat air yang mengalir termasuk sungai, dan sungai kecil (The Washington State Departemen Ekologi, 2003). Hal ini juga tumbuh di kolam, danau, waduk, rawa, parit, dan kanal (The Washington State Departemen Ekologi, 2003).
Hal ini dapat merespon fluktuasi lebar di kedalaman air dan merupakan pengumpan kolom air yang tumbuh dengan baik di berlumpur substrat dan pameran mengurangi semangat dalam substrat keras (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan, 2003). Ini dapat ditemukan di sungai, sungai kecil, kolam, danau, waduk, rawa, parit dan kanal. Pertumbuhan 50mm hari telah dilaporkan di Danau Macdonald di Queensland, Australia. Tumbuh baik di lingkungan gizi yang tinggi dengan pH rendah, tetapi di perairan yang lebih basa cenderung kehilangan daunnya (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan, 2003). Kadar kalsium tinggi menghambat pertumbuhan dan tidak seperti gulma air lainnya, cabomba dapat tumbuh dengan baik di air keruh (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan, 2003). Ini lebih menyukai iklim lembab hangat dengan suhu antara 13-27ÂșC tetapi dapat bertahan ketika permukaan badan air beku (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003).
Dampak Umum
C. caroliniana merupakan tanaman yang sangat gigih dan kompetitif. Dalam kondisi lingkungan yang cocok membentuk berdiri padat dan banyak keluar tanaman yang sebelumnya mapan. Setelah didirikan, tanaman ini dapat menyumbat saluran drainase dan sungai air tawar mengganggu penggunaan rekreasi, pertanian, dan estetika (The Washington State Departemen Ekologi 2003).
Dalam Austrailia Cabomba dianggap sebagai "Weed Signifikansi Nasional". Ini adalah salah satu gulma terburuk di Australia karena invasif, potensi untuk menyebar, dan dampak ekonomi dan lingkungan. Hal ini tersedak saluran air di sepanjang pantai timur Australia (Australian Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Hal ini sangat gigih dan dapat mengambil alih tubuh air, termasuk spesies tanaman asli. Hal ini juga dapat berdampak pada hewan asli - dalam jumlah Queensland platipus dan tikus air utara lebih rendah di sungai penuh (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003).
Cabomba tumbuh dengan cepat dan menghasilkan sejumlah besar bahan tanaman. Hal ini dapat secara signifikan mengurangi kapasitas penyimpanan air dan mencemari pasokan air minum. Biaya pengolahan air dapat meningkat hingga $ 50 megalitre (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Infestasi berat juga dapat meningkatkan kadar air ke titik di mana meluap dan kerugian rembesan berat terjadi.
Massa padat Cabomba tentang air batang dan daun memberikan bahaya bagi pengguna rekreasi air (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Ketika vegetasi ini meninggal off, dekomposisi menyebabkan pengurangan oksigen dramatis dan busuk air berbau.
Penggunaan
C. caroliniana umumnya digunakan sebagai tanaman akuarium karena penampilannya yang halus. Sejumlah besar tanaman dikirim dari Florida ke seluruh AS untuk penggunaan komersial. Hal ini juga ditanam secara komersial di Asia untuk ekspor ke Eropa dan bagian lain dunia. Skala kecil, budidaya lokal terjadi di beberapa daerah (Orgaard 1991). Di habitat C. caroliniana asli dimakan oleh burung air dan beberapa ikan dan memberikan perlindungan untuk beberapa ikan kecil dan plankton (Mitchell 1979 cf Orgaard 1991).
Jangkauan geografis
Rentang asli: C. caroliniana asli ke selatan Brazil, Paraguay, Uruguay dan Argentina timur laut.
Dikenal berbagai diperkenalkan: Telah tersebar di seluruh dunia dengan perdagangan akuarium dan naturalisasi di Peru, Cina, India, Jepang, Malaysia, bagian tenggara Amerika Serikat dan bagian dari Australia dan Kanada (Washington State Departemen Ekologi 2003; Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003; USDA-Grin 2003).
Jalur Pengantar lokasi baru
Budidaya:
Terkontaminasi umpan:
Mengambang vegetasi / puing-puing:
Penyebaran alami: Cabomba caroliniana merupakan herba tahunan yang menyebar terutama oleh fragmen batang atau rimpang (The Washington State Departemen Ekologi 2003). Untuk alasan ini, penting untuk mengembangkan protokol untuk memastikan washdown perahu, trailer dan peralatan memancing sebelum mereka meninggalkan situs penuh (untuk mengurangi resiko penyebaran gulma ke lokasi baru) (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003).
Pet / aquarium perdagangan: Cabomba caroliniana umumnya digunakan sebagai tanaman akuarium karena penampilan yang halus (The Washington State Departemen Ekologi 2003).
Kapal / perahu lambung fouling:
Translokasi mesin / peralatan:
Transportasi bahan habitat:
Transportasi bahan habitat:

Metode penyebaran lokal
Budidaya Perikanan (lokal):
Boat:
Penyebaran alami (lokal): Cabomba caroliniana merupakan herba tahunan yang menyebar terutama oleh fragmen batang atau rimpang (The Washington State Departemen Ekologi 2003).
Translokasi mesin / peralatan (lokal):
Arus air:
Informasi Manajemen
Dalam badan air rekreasi atau sungai, protokol kebersihan yang diperlukan untuk memastikan washdown perahu, trailer dan peralatan memancing. Modifikasi habitat melalui re-vegetasi juga dianjurkan dan mungkin menawarkan beberapa kontrol jika menghasilkan efek shading. Dalam badan air tertutup dengan infestasi berat dianjurkan untuk menggunakan peraturan kebersihan yang ketat dan kontrol mekanis (melibatkan pemotongan dan menghapus tanaman dan memastikan fragmen tidak tersebar). Kontrol mekanik yang sedang berlangsung mahal tapi mungkin satu-satunya pilihan. Dalam kasus tanaman terisolasi dan di daerah kecil kontrol fisik (tangan menarik oleh penyelam) dan penggunaan herbisida dapat menawarkan kontrol yang sesuai. Karena cabomba membutuhkan sinar matahari langsung, shading telah digunakan untuk membunuh itu di daerah kecil; Namun biaya yang mahal untuk program skala besar. Dalam air minum memasok satu-satunya pilihan yang direkomendasikan adalah modifikasi habitat melalui menarik-down air (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003).
Tindakan pencegahan: Mencegah wabah baru sangat penting dan dapat dicapai dengan sterilisasi kapal dan peralatan berperahu, membuang tanaman menggunakan metode pembakaran atau pengeringan-out dan mengecilkan penyemaian sengaja saluran air dengan cabomba (yang dilakukan untuk memasok perdagangan akuarium). Sebagai tanaman terendam dan tidak mudah terlihat dan pendidikan kesadaran publik diperlukan untuk mencegah penyebaran cabomba. Kesadaran masyarakat tentang gulma dan identifikasi keterampilan perlu ditingkatkan. Orang juga perlu dididik untuk membeli spesies lain dari tanaman akuarium untuk menghentikan permintaan cabomba (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003).

Penilaian Risiko C. caroliniana untuk Australia disiapkan oleh Ekosistem Pulau Pasifik at Risk (PIER) dengan menggunakan sistem penilaian risiko Australia (Pheloung 1995). Hasilnya adalah skor 18 dan rekomendasi dari: menolak tanaman untuk impor (Australia) atau spesies mungkin risiko tinggi (Pacific).

Fisik: Cabomba sensitif terhadap kekeringan dan membutuhkan air dangkal permanen; mana mungkin, pengeringan tubuh air dapat memberikan kontrol sementara (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Jika dasar penyimpanan air mengering sepenuhnya ada sedikit kesempatan cabomba yang masih hidup tetapi jika tetap lembab ada kesempatan lebih dari 50% itu akan kembali (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Dalam kasus pasokan air minum menurunkan kadar air sangat efektif; di Amerika Serikat tingkat air selatan menarik-down telah digunakan untuk mengurangi pertumbuhan caroliniana C.. Ekstrim pengeringan diperlukan untuk mencegah pertumbuhan kembali dari biji (The Washington State Departemen Ekologi 2003). Cabomba mudah fragmen dari gangguan, sehingga kegiatan pengendalian benar-benar dapat memberikan kontribusi untuk menyebarkan rumput jika hati-hati tidak diambil. Menggunakan mengeruk venturi, yang seperti vacuum cleaner raksasa, dapat mengatasi masalah ini. Meminimalkan fragmentasi dan juga ekstrak bola akar.

Kimia: Sebuah herbisida terdaftar untuk pengendalian cabomba dalam air non-minum di Queensland dan Northern Territory tapi ada penentangan masyarakat untuk penggunaannya (Australia Departemen Lingkungan dan Warisan 2003). Tidak ada herbisida terdaftar untuk pengendalian cabomba dalam air minum. Di Amerika utara perawatan wilayah herbisida telah digunakan untuk kontrol cabomba. Endothall memberikan kontrol yang sangat baik tetapi merupakan herbisida kontak saja. Fluridone memberikan kontrol yang baik.

Biologi: Sebuah proyek baru yang didanai oleh Natural Heritage Trust untuk mengidentifikasi agen kontrol biologis potensial dalam kisaran asli gulma.

Reproduksi
C. caroliniana merupakan herba tahunan yang menyebar terutama oleh fragmen batang atau rimpang (The Washington State Departemen Ekologi 2003). Tunas tegak ekstensi terbalik rimpang horisontal. Spesies bentuk klon besar seperti rimpang baru dan tunas mengambang timbul sebagai cabang aksila. Rimpang yang rapuh dan mudah pecah, memfasilitasi penyebaran vegetatif (Orgaard 1991, di Washington State Departemen Ekologi 2003) dan transportasi ke badan air baru.

Tahap siklus hidup
Bunga C. caroliniana dari Mei sampai September. Di Amerika Serikat bagian tenggara, C. caroliniana adalah penyerbukan sendiri dan biji mudah berkecambah (The Washington State Departemen Ekologi 2003).

Diulas oleh: Anon
Sumber utama: Washington State Departemen Ekologi, 2003. Informasi Teknis Tentang Cabomba carolininia (Fanwort)
ERDC, bertanggal Cabomba caroliniana Gray (Fanwort)

Disusun oleh: Informasi Biologi Nasional Infrastruktur (NBII) & IUCN / SSC Invasive Species Specialist Group (ISSG)
Untuk memberikan kontribusi informasi, silahkan hubungi Shyama Pagad.

Perubahan terakhir: Senin, 3 April, 2006


Sumber Blog: http://www.issg.org/database/species/ecology.asp?si=402

0 komentar:

Posting Komentar