Jumat, 01 Mei 2015

Fakta Menarik Seputar Menstruasi -Ada hal tak terduga yang perlu Anda ketahui saat perempuan menstruasi-

Suara.com - Setiap bulannya, perempuan yang telah dewasa akan menerima 'tamu' spesial yang kadang cukup menyakitkan. Darah yang mengalir dari rahim melalui serviks dan vagina merupakan tanda jelas bahwa tubuh bekerja normal dan memproduksi hormon untuk menjaga perempuan tetap sehat.

Seorang perempuan yang sedang menjalani masa menstruasi mengalami peningkatan produksi estrogen yang membuat lapisan rahim menebal dan tubuh mengalami perubahan seperti kram, timbul jerawat dan PMS.

Nah, selain fakta di atas, ada sederet hal menarik yang harus Anda ketahui seputar tamu bulanan ini. Simak ulasan berikut ya!

1. Periode penurunan kemampuan kognitif
Saat menstruasi, perempuan biasanya mengalami sakit perut, sakit punggung hingga benar-benar mempengaruhi kemampuan kognitifnya. Kram perut saat menstruasi juga dapat menganggu perempuan dalam menjalani sederet aktivitasnya. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pain, menyebutkan bahwa nyeri saat menstruasi bisa mempengaruhi kemampuan indrawi perempuan.

2. Suara perempuan berubah saat menstruasi
Perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi perempuan juga bisa berpengaruh terhadap suaranya. Sel-sel dari laring dan vagina yang diyakini mirip dan menunjukkan reseptor hormon serupa. Sebuah studi pada 2011 bahkan menunjukkan bahwa lelaki bisa mendeteksi apakah perempuan sedang menstruasi dari suaranya.

3. Aroma perempuan saat menstruasi bisa meningkatkan hormon testosteron lelaki
Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kadar testosteron lelaki dipengaruhi oleh aroma perempuan terutama saat mereka sedang menstruasi. Studi pada 2010 yang dipublikasikan dalam Psychological Science menemukan kadar testosteron lelaki meningkat secara signifikan ketika mereka mencium aroma T-shirt yang dikenakan oleh perempuan yang sedang haid dibandingkan dengan T-shirt yang dikenakan oleh mereka yang tidak haid.



Sumber blog: http://www.suara.com/health/2015/05/02/061700/fakta-menarik-seputar-menstruasi

0 komentar:

Posting Komentar