Its Desember on 2018

Tahun ini cukup banyak banget gaes, mohon maaf tentang musibah dan ujian yang menimpa negeri tercinta kita yaitu Indonesia. (Termasuk ujian hidup gue kali ya tentang 2018 ini :v yang jelas yang paham maksud tulisan dalam kurung ini mungkin hanya gue dan Tuhan) hkkkk :v
Oke, kita lanjutin gaes... hikmah yang bisa gue petik sedikitnya di penghujung tahun 2018 ini yaitu:
1. Kita hidup di era milenial gaes, kita dituntut melek teknologi -baca disini: medsos alias media sosial khususnya-. Yahh... banyak banget nih, tulisan di medsos, bahkan mungkin di jaman ini.. loe bisa kalah pinter tentang teknologi ketimbang bocah. Banyak banget bro and sist, tulisan-tulisan -baca: informasi- yang menurut gue tuh ada yang manfaat banget, manfaat aja, hiburan, unfaedah, bahkan hoax bertebaran dimana-mana. Intinya apa nih poin pertama? Intinya yaitu loe harus bijak gaes. Jadilah apa yaa, pengguna teknologi yang cerdas. Tekan tuh emosi loe. Hati-hati banget tuh ama jari loe, karna apa gaes? Jadi gini, bisa aja loe gak sengaja ngelakuin kesalahan yang loe lagi khilaf tapi berbuntut panjang, discreenshoot ama orang trus lu dikoar2in digoreng2 gitu, mateng lu. Semua orang pada dasarnya baik gaes, tapi gak semua orang gak tegaan kayak lu.. inilah dunia maya yang berakhir ricuh di dunia nyata. Bijak ya gaes... baik yang gak sengaja salah atau yang mau ngingetin yaa... yah gitulah lu lebih cerdas daripada gua.
2. Masih agak nyambung ama poin satu gaes. Jadilah pengguna teknologi. Paham kan maksud gua. Lu yang gunain teknologi. Jangan lu yang dimanfaatin teknologi. Contoh gampang nih gue bosen di waktu luang gue, gue main HP. Beda nih gaes ama gue main HP ampe lupa waktu, lupa kegiatan yang seharusnya wajib gue lakuin. Okelah, lu pasti udah paham maksud gue nyampe sini.
3. Oke poin 3, hmm... tahun 2019 adalah tahun politik, katakan seperti itu... 2019 nih pemilihan presiden antara pak Jo atau pak Wo.. oke pasti lu paham gimana keadaan akhir tahun 2018 ini. Gue bisikin nih... siapapun presidennya gaes, doakan itu semoga menjadikan Indonesia maju dan menjadi lebih baik. Oke inti maksud gua bukan disitu, tapi di sini. Selektiflah tapi hati-hati, lu tau gua nulis gini juga takut kali ada yang gak suka ama tulisan gue. Hati-hatilah di jaman teknologi. Oke, di sini gue mau kasih tau. Buat lu yang masih belajar dan belum mateng banget, lu bakal bingung gaes.. mana yang benar dengan sebenar-benarnya. Antara fakta dan hoax beneran deh, lu bakal pusing dan bingung sendiri kalo loe masih belajar dan belum mateng banget. Banyak sejarah yang hilang atau dihilangkan bahkan disamarkan demi kepentingan golongan yang mungkin loe belum paham. Loe yang bingung baca poin ini gua mengarah kemana, gua kasih tau kalau gua netral buat nulis ini. Saran gua gaes.. ikutilah hati nurani lu, berpeganglah pada ajaran agama lu yang beneran lu yakini kebenarannya, hati dan pikiran lu harus sejalan gaes. Lu baca gaes, keadaan ini, lingkungan ini, baca dengan keyakinan lu. Dibuka dulu gaes wawasan lu. Baru setelah itu gaes, lu tatap dengan netral dulu dengan pikiran yang jernih. Habis tu barulah lu tau. Lu taulah ntar mana yang terbaik. Gua ingetin tapi ya, kagak ada yang sempurna di dunia ini, tapi setidaknya lu udah berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup lu.
4. Poin 4 nih gaes.. di tahun ini gue liat cukup banyak musibah dan ujian yang melanda negeri tercinta kita. Oke gaes, perbanyak doa, introspeksi diri, perbaiki diri, tingkatkan keimanan dan ibadah kita ikhlas pada Tuhan. Setelah itu gaes, cukup gue ingetin.. gak usah lu ngejudge orang yang terkena musibah karena ini begitu yang dalam tanda kutip itu buruk menurut loe, entah baek atau buruk dia, itu bukan urusan loe.. oke itu hidup dia... loe ingetin dia semampu yang loe bisa agar dia kembali pada jalan yang lurus.. tapi kalo udah kejadian gaes, gak usah sok ceramah ngejudge buruk orang, itu hak Tuhan, bukan ranah loe.. oke itu bukan ranah loe. Catet itu. Loe cukup berdoa yang terbaik buat mereka, semua yang terbaik buat mereka. Oke, inget lu bukan Tuhan yang tau kadar keimanan dan kebaikan seseorang bahkan surga dan neraka orang , lu gak tau, itu bukan ranah lu, itu hak Tuhan. Yang penting lu, lakukanlah segala yang terbaik dalam hidup lu.
5. Lu jangan jadi mainan teknologi. Paham? Lu yang hrusnya mainan teknologi, bukan teknologi yang mainin lu. Gini, di penghujung tahun ini gua baca berita ada orang foto selfie dan wefie di lokasi bencana -baca: foto dengan ekspresi senyum-. Setelah itu dia upload di medsos gaes. Oke lu yang paham pasti sepemikiran sama gue, pantes gak sih? Gua yakin lu tau jawabannya. Hmm apapun alasannya gaes.. mnurut loe gimana? Bijaklah ya gaes, gue cuma bisa ngingetin aja. Ya semua tergantung niatnya, tapii hargai dan hormatilah kita sesama manusia... bijaklah gaes
.
Penutup: tiada gading yang tak retak. Kesempurnaan hanya milik Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA STOP/ UNREG SEMUA LAYANAN PENYEDOT PULSA INDOSAT (IM3 DAN MENTARI)

CARA GABUNG MENJADI MEMBER, DISTRIBUTOR, ATAU AGEN RESMI PT NATURAL NUSANTARA (NASA)